1.4.a.9 Koneksi Antar Materi - Budaya Positif Koneksi Antar Materi Modul 1.4



             Dasar pendidikan Ki Hajar Dewantara  bahwa  guru dan siswa seperti  halnya seorang petani dengan tanamannya. Seorang petani tidak bisa memaksa agar tanamannya cepat berbuah dengan menarik batang atau daunnya. Tanaman itu akan berbuah manakala ia memiliki potensi untuk berbuah serta telah sampai pada waktunya untuk berbuah. Tugas seorang petani adalah menjaga agar tanaman itu tumbuh dengan sempurna, yaitu dengan cara menyemai, menyiram, memberi pupuk dan memberi obat pembasmi hama.

Nilai dan Peran guru penggerak sejatinya  dituntut untuk mampu memberikan pendidikan yang berpihak kepada siswa serta mengidentifikasi siswa  dengan berlatar belakang berbeda beda termasuk pendekatan kepada sisiwa yang  diduga mengalami kesulitan dalam belajar, melakukan pendekatan dengan  menuntun, bukan memberikan hukuman, komunikasi aktif dengan wali murid ,berkolaborasi dengan kesiswaan dan bimbingan konseling disekolah itu, tentunya untuk mencari solusi positif tanpa merugikan masa depan si anak

 Berkaitan dengan Budaya  positif disekolah dan kaitannya dengan nilai nilai lain serta  cara penerapannya harus mampu mengakomodir kebutuhan minat sisiwa, Peserta didik kita  dapat kita yakini memiliki kodrat sebagai manusia bagian dari Ciptaan   Allah Swt,  Ibaratnya secarik kertas yang di dalamnya sudah memiliki coretan-coretan. Sebagai seorang guru kita memiliki tugas mulia untuk memperbaiki segala bentuk coretan pada kertas yang dinilai negatif, dan mengembangkan seluruh coretan yang dinilai positif untuk menciptakan sebuah tulisan indah pada lembaran kertas tersebut. Dengan demikian nilai dan budaya positif lah yang akan menghiasi karakter siswa menjadi sebuah kebiasaan yang ikhlas tanpa ada paksaan dan tekanan.

Salah satu cara untuk menumbuhkan budaya positif yaitu dengan melakukan Kesepakatan Kelas, dimana siswa diajak berdiskusi untuk mencari dan mengeksplore budaya positif yang dapat dilaksanakan didalam kelas. Dengan kesepakatan kelas yang dilakukan oleh guru dan siswa maka akan mudah dilaksanakan.   

Oleh karena itu untuk terwujudnya tujuan pendidikan tersebut diperlukan Profil pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME. kebhinekaan global, bergotong royong, kratif, bernalar positif, dan mandiri

Sebagai pendidik juga harus mengetahui posisi Kontrol guru yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak kepada murid semua aspek tersebut harus dimiliki oleh seorang guru terutama calon guru penggerak. dalam kiprahnya di sekolah masing masing untuk bisa menularkan kebiasaan kebiasaan positif bagi teman sejawatnya.

Kemudian dalam melaksanakan Posisi Kontrol Guru seharusnya guru melakukan beberapa hal yaitu :

1.   komunikasi secara asertif yaitu berkomunikasi dengan jujur dan tegas, namun tetap menghargai dan menjaga perasaan orang lain

2.   Reflektif

3.   Konsensus dan konsekuensi

4.   Disiplin diri

5.   Menumbuhkan motivasi intrinsik

 

Disiplin positif bertujuan untuk bekerja sama dengan siswa dan tidak menentang mereka. Penekanannya adalah membangun kekuatan peserta didik daripada mengkritik kelemahan mereka dan menggunakan penguatan positif untuk mempromosikan perilaku yang baik.

    Upaya untuk membangun budaya positif disekolah guru harus bekerja sama dengan kepala sekolah serta orang tua yaitu dengan sebagai guru harus memiliki peran kunci dalam pengembangan disiplin positif dengan menciptakan ruang kelas yang berpusat pada peserta didik, Melibatkan dan bekerjasama dengan orangtua dalam penerapan disiplin positif. Kepala sekolah harus memastikan para guru dan staf mendapatkan dukungan dalam menerapkan disiplin positif di sekolah serta Mendukung dan mengawasi keterlibatan orangtua dalam menerapkan disiplin positif. Dan orang tua menciptakan suasana rumah yang aman dan nyaman sehingga dapat menerapkan disiplin positif yang konsisten dan berpartisipasi dalam pertemuan sekolah dan memiliki hubungan baik dengan guru untuk mendukung pendekatan disiplin positif. 
    Salam Guru Penggerak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1.1.a.9 Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran KHD